Polisi Diminta Ketat Awasi Peredaran Senjata Api Ilegal

KEPOLISIAN diharapkan dapat benar-benar mengawasi peredaran senjata api ilegal yang semakin marak di masyarakat akhir-akhir ini untuk mengantisipasi tindak perampokan dengan kekerasan yang bisa mengakibatkan korban jiwa.

Seruan tersebut dikemukakan oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Rabu (14/6) di Jakarta. "Salah satu penyebab kejahatan yang semakin terang-terangan adalah banyaknya peredaran senjata api ilegal," kata Meutya.

Politisi Partai Golkar itu juga menginginkan polisi agar dapat menindak tegas warga yang memiliki senjata api ilegal. Keberadaan senpi ilegal, imbuhnya, akan mengancam keamanan masyarakat.
Sedangkan sejumlah regulasi terkait pemakaian senpi, menurut dia, dinilai kerap tidak relevan sehingga perlu diperbarui. Perubahan aturan itu, ujar Meutya, juga perlu disertai dengan peningkatan sumber daya manusia dan profesionalitas anggota kepolisian.

Sebelumnya, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Keadilan menyatakan aksi kejahatan dengan bersenjata api yang menewaskan Italia Chandra Kirana Putri (23) di Perumahan Bugel Indah, Karawaci, Kota Tangerang (Senin, 12/6) telah mengusik rasa aman publik.

LBH Keadilan dalam siaran persnya, Selasa (13/6), menyebut tiga hari sebelum kematian Italia, yakni pada Jumat (9/6) juga terjadi penembakan yang menimpa Davidson Tantono (30) yang juga tewas karena ditembak.

Davidson ditembak oleh kawanan perampok di depan SPBU Jembatan Gantung, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Kedua peristiwa itu hanya berselang tiga hari dan dilakukan pada siang bolong. Italia tertembak pada jam 13.40 WIB dan Davidson pada 13.30 WIB.

Polda Metro Jaya dan Polres Metro Tangerang hingga kini masih melacak keberadaan pelaku penembakan Italia. "Mengarah kepada salah satu kelompok, semoga cepat terungkap," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan di Jakarta. Kapolda menduga kedua pelaku yang hendak merampok diakhiri dengan penembakan terhadap Italia itu merupakan pemain lama.(OL-3)
 
Sumber: http://www.mediaindonesia.com/news/read/109012/polisi-diminta-ketat-awasi-peredaran-senjata-api-ilegal/2017-06-14

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Polisi Diminta Ketat Awasi Peredaran Senjata Api Ilegal"

Posting Komentar