PENCALONAN KETUA KOMISI KEJAKSAAN SEBEGAI CALEG DPR RI.

Tangerang Selatan, 16 Januari 2014

PERS RILIS LEMBAGA BANTUAN HUKUM KEADILAN
Nomor 02/LBH-K/01/I/2014

PENCALONAN KETUA KOMISI KEJAKSAAN SEBEGAI CALEG DPR RI.

Di tengah kondisi Komisi Kejaksaan yang minim prestasi, kini komisi yang bertugas melakukan pengawasan, pemantauan, dan penilaian terhadap sikap dan perilaku jaksa tersebut kehilangan energi. Sang ketua, Halius Hosen saat ini tercatat sebagai Caleg DPR RI. Dengan kendaraan PDIP, Hosen di tempatkan di Dapil I Sumatera Barat.

Menurut Hosen dirinya tak perlu mundur atau non aktif dari jabatan Ketua Komisi Kejaksaan, karena tak ada aturan soal kewajiban mundur.

LBH Keadilan menyayangkan sikap Hosen yang tidak mundur dari jabatannya. Sikap Hosen juga merupakan bukti ketidakseriusannya dalam memimpin Komisi Kejaksaan. LBH Keadilan berpendapat, Hosen tidak cukup dengan dalih tidak ada aturan yang di langgar, kemudian tidak mau mundur dari jabatannya.

LBH Keadilan juga berpendapat, Hosen seperti jobseeker, mencoba mengambil kesempatan untuk bisa jadi Anggota DPR, tapi jika dia gagal bisa tetap di Komisi Kejaksaan. Hosen sama sekali tidak mengutamakan kepentingan publik yang berharap agar Komisi Kejaksaan memperbaiki kinerjanya. LBH Keadilan meminta Hosen untuk mundur dari jabatannya atau munur dari pencalonannya sebagai Anggota DPR RI.

Sebelumnya, Senin (16/12/2013), LBH Keadilan berpendapat penangkapan Kepala Kejaksaan Negeri Praya Lombok Tengah M Subari pada Desember 2013 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diduga terlibat praktik suap merupakan bukti lemahnya pengawasan terhadap kejaksaan. Komisi Kejaksaan sebagai lembaga pengawas tidak berfungsi dengan baik.

Kontak: Abdul Hamim Jauzie – Ketua Pengrus LBH Keadilan [08111 463 462]

LEMBAGA BANTUAN HUKUM KEADILAN
Jl. Vila Pamulang Blok CG-1 No. 5
Pondok Benda, Pamulang - Kota Tangerang Selatan
INDONESIA 15416
[p] +62 21 96 944 933 [f] +62 21 7070 9392
[e] mail@lbh-keadilan.org I keadilanuntuksemua@yahoo.com
[w] www.lbh-keadilan.org

0 Response to "PENCALONAN KETUA KOMISI KEJAKSAAN SEBEGAI CALEG DPR RI."