Misteri Hilangnya Tahanan yang Kabur Jelang Sidang Perdana...

TANGERANG KOTA, KOMPAS.com - Hilangnya seorang tahanan kasus penganiayaan berinisial RS yang kabur jelang sidang perdananya di Pengadilan Negeri Tangerang pada Rabu (25/7/2018) belum menemukan titik terang.

Kuasa hukum RS, Hamim mengatakan, pihaknya tidak menemukan kliennya saat sidang akan dimulai pukul 14.30.

"Saat kami mengecek kok tidak ada (terdakwa)? Padahal kami punya daftar klien-klien yang sidang hari itu, nama Roni (RS) ada," kata Hamim saat dihubungi Kamis (26/7/2018) malam.

Hamim sempat menduga siang itu kliennya tidak ada kabar karena belum sampai pengadilan.

Sebab, saat itu terdapat 147 tahanan yang dijadwalkan sidang di PN Tangerang.
"Akhirnya kami bertemu dengan jaksanya, ibu Ariani. Setelah berapa lama, Bu Ariani bilang 'Sepertinya (RS) tidak terbawa karena sidang sangat ramai', maksudnya banyak yang sidang. Saat itu dugaan hanya begitu. Ya karena jaksa yang bertanggung jawab, saya ikuti apa kata jaksa saja," ujar pengacara dari Lembaga Bantuan Hukum Keadilan Tangerang tersebut. 

Keamanan tahanan
Hamim mengatakan, Kejaksaan Tangerang memiliki standar keamanan dalam membawa tahanan yang akan mengikuti sidang dari lapas ke pengadilan.

Umumnya, tahanan dikenakan rompi tahanan dan tangan diborgol serta jalan beriringan bersama tahanan lainnya.

Namun, ia menyadari tidak ada petugas jaga saat tahanan turun dari mobil ke ruang tahanan. Ada jarak beberapa meter yayng tidak bisa dilihat petugas.

"Turun mobil ada petugas, kemudian menjelang pintu tahanan baru ada petugas lagi. Apalagi itu dari turun mobil ada celah bangunan pengadilan lama dan baru dan ada belokan, itu sangat sulit untuk dipantau," kata Hamim.

Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang Robert P.A Palealu mengatakan, pergerakan tahanan yang kabur tidak tertangkap kamera CCTV.

Pihaknya bahkan tidak menemukan barang bukti di sekitar lokasi, seperti rompi tahanan atau borgol.

"Antara tempat mobil tahanan ke ruang tahanan, di situ tidak ada CCTV. Jadi, ketika turun kami hitung ada 30 (tahanan), ketika masuk (ruang tahanan) tinggal 29 (tahanan)," kata Robert.

Hingga kini keberadaan RS masih belum diketahui. Pihak kejaksaan pun diketahui belum membuat laporan ke Polsek Tangerang terkait hilangnya tahanan tersebut.


"Belum ada laporan ke polsek," kata Kapolsek Tangerang Kompol Ewo Samono.

0 Response to "Misteri Hilangnya Tahanan yang Kabur Jelang Sidang Perdana..."